Pemprov Lampung Bangun Pendidikan Karakter dari Musibah Banjir Lamteng

Jumat, 09 Maret 2018

Bandarlampung (Lampung Centre) – Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, mengajak seluruh komponen sekolah memaknai banjir di Lampung Tengah untuk meneguhkan kebersamaan. Dengan demikian akan terbangun pendidikan karakter atas musibah itu.

“Kejadian bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Lampung Tengah, tentunya menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Provinsi Lampung. Untuk itu, kami dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung mengajak seluruh Kepala sekolah di Lampung tengah untuk menjadikan kejadian ini sebagai bentuk implementasi pendidikan karakter anak berupa pemberian bantuan sosial,” jelas Kepala UPTD wilayah 2 Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Joko, saat melakukan bhakti sosial Desa Sumber Agung dan Desa Cabang, Kecamatan Bandar Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (7/3).

Seperti diketahui, bhakti sosial merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter. Dengan bhakti sosial itu, para siswa seklah dilatih untuk merasakan juga apa yang dialami oleh saudara-saudara sebangsa. Bhakti sosial itu, menurut Joko, dilakukan jajarannya pada Senin (27/2/2018) yang diikuti pemberian bantuan sosial kepada para korban. Apa yang dilakukan Dinas Pendidikan Lampung itu mendapat sambutan hangat dari para kepala sekolah di Kabupaten Lampung Tengah.
Bantuan sosial itu sendiri bersumber dari anak-anak sekolah dan para guru yang ingin memberikan bantuan kepada para korban bencana banjir. “Alhamdulillah, saya senang dan bangga karena memiliki anak-anak yang mulai sadar akan kondisi lingkungan sekitarnya. Semoga kegiatan ini dapat meringankan beban bagi para korban bencana banjir yang terjadi,” ujar Joko.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan bhakti sosial tersebut memberikan bantuan sekitar 718 KK, yang dilaksanakan pada hari Senin 5 Maret 2018 hingga Rabu, 7 Maret 2018. “Kami telah melaksanakan kegiatan bhakti sosial ini sejak hari Senin, dan pada hari Rabu ini (7/3) adalah hari puncak kegiatan bhakti sosial tersebut. Kami berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban mereka” ujarnya.

Adapun titik lokasi yang didatangi yakni dua desa di Kecamatan Bandar Surabaya, yakni Desa Cabang, Desa Sumber Agung dan 1 (satu) desa di Kecamatan Seputih Surabaya, yaitu Desa Mataram Ilir. Bantuan sosial tersebut berupa selimut, beras, mie instan, bumbu dapur, pakaian layak pakai dan pakaian baru, beserta bantuan uang.
Ia menyampaikan ada beberapa sekolah yang turut memberikan bantuan bhakti sosial yakni SMAN Seputih Banyak, SMAN Seputih Surabaya, SMAN Bumi Nabung, SMAN Bandar Surabaya, SMA Paramarta, SMA Ma’arif Seputih Banyak, SMA Ma’arif Bumi Nabung, SMA Gaya Baru, SMA Bangun Cipta Rumbia, SMA Binakarya Surabaya, dan SMA Alhidayah Seputih Banyak. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar