Pemprov Lampung Gagas Pembangunan Hutan Way Pisang

Selasa, 26 Juli 2016
Sekretaris Pemprov Lampung Sutono pimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Pembangunan Kawasan Industri di Lahan Eks Kawasan Hutan Register I Way Pisang Kabupaten Lampung Selatan, di ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Senin (25/7).

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi Pembahasan Pembangunan Kawasan Industri di Lahan Eks Kawasan Hutan Register I Way Pisang Kabupaten Lampung Selatan, di ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Senin (25/7).

Dijelaskan Kabag Humas Pemprov. Lampung, dalam arahan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, dalam rangka optimalisasi fungsi dan pemanfaatan kawasan hutan di Provinsi Lampung serta menjamin tercapainya pembangunan yang berkelanjutan antara kepentingan ekonomi dan lingkungan, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo telah melakukan pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI beserta jajarannya pada Juni lalu.

Menurutnya, dalam kesempatan ini terdapat beberapa prioritas pembangunan Provinsi Lampung yang diusulkan oleh Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yakni salah satunya adalah terkait percepatan tukar menukar kawasan hutan Register I Way Pisang untuk Terminal Agribisnis dan Kawasan Industri.

“Untuk itu rapat ini diselenggarakan guna melakukan tindak lanjut dan kordinasi dengan SKPD terkait pembangunan kawasan industri tersebut. Diharapkan dapat mencapai komitmen Gubernur Lampung dalam membangun sinergitas pembangunan di bidang lingkungan dan kehutanan di Provinsi Lampung”, jelasnya.

Selain itu Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan terkait pembangunan kawasan industri tersebut jajarannya telah membentuk Tim  Kecil yang secara insentif akan melakukan pengkajian rencana pembangunan kawasan industri pada lahan yang diminta maupun pada calon  lahan pengganti untuk pembangunan kawasan industri pada lahan eks Kawasan Hutan Register I Way Pisang Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

“Kami telah berkoordinasi terkait rencana pembangunan kawasan industri baik Tahap I maupun Tahap II. Sehingga ketika Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan datang ke Lampung guna melakukan pemantauan, Tim kami telah siap”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Fahrizal Darminto menjelaskan, selain melakukan koordinasi, pihaknya juga akan memastikan anggaran lahan pengganti serta melakukan inventarisasi lahan pengganti untuk anggaran tahun 2017.

“Tentunya kami berharap semuanya akan berjalan lancar dan baik, guna melakukan percepatan pembangunan kawasan industry sebagaimana harapan pak gubernur”, tuturnya.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, rapat ini turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Taufik Hidayat, Kepala Dinas Perindustrian Tony L Tobing, Kepala Biro Hukum Zulfikar serta sejumlah SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar