Pemprov Segera Umumkan Pembebasan Lahan

Kamis, 24 Maret 2016
Ketua Tim 1 Pembebasan Lahan JTTS Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Adeham. Foto: Dok.Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung masih fokus dalam melakukan pembebasan lahan Jalan Tol Trans Sumatera (JTS) Ruas bakauheni-terbanggi besar. Dalam waktu dekat ini Pemprov akan melakukan pertemuan dengan warga di Sabah balau, Lampung Selatan untuk mengumumkan nilai bidang tanah yang akan dibebaskan sepanjang 3,25 km.

Ketua Tim 1 Pembebasan lahan JTTS Ruas bakauheni-terbanggi besar, Adeham mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan dengan warga untuk mengumumkan bidang tanah yang akan dibebaskan tersebut.

“Pertemuan dalam waktu dekat akan segera diumumkan untuk yang 3,25 km. Kalau sudah diumumkan baru pencairan uang ganti Rugi (UGR). Pengumuman akan dilakukan oleh BPN Provinsi Lampung setelah sebelumnya dinilai oleh tim appraisal,” kata Adeham, Rabu (23/3).

Adeham menambahkan meskipun dana Penerimaan Negara bukan pajak (PNBP) untuk pengukuran BPN belum sepenuhnya turun, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (Kemenpupera) telah memberikan persetujuan untuk diumumkan kepada masyarakat terlebih dahulu.

“Persoalannya kan belum diumumkan sehingga masyarakat belum tau. Kita umumkan dulu, sebenarnya surat edaran percepatan pencairan itu sudah di meja menteri. Tapi kita bisa diijinkan mengumumkan dulu,” kata mantan Kadiskominfo ini.

Sementara itu Pejabat pembuat komitmen (PPK) Tol di Sabah Balau, Mislan mengatakan kabar soal pengumuman bidang tanah ini ditunggu oleh pihak pengembang yang sudah kehabisan lahan untuk digarap. “Ya mudah mudahan bisa cepat, Karen dari waskita karya lahannya sudah abis. Sudah 5km di sabah balau, empat lajur sudah rigid semua,” jelas Mislan.

Namun demikian pihaknya mengaku belum memegang peta lahan yang akan diumumkan. “Pengumuman kan nanti dari BPN peta bidang untuk yang diumumkan masyarakat. Tapi peta saya belum pegang. Kalau gak salah Desa lematang sampai desa sukanegara yang memang menjadi prioritas untuk diumumkan dan dibebaskan,” tutupnya. (Septa Herian Palga)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar