Pemprov Sukses Kelola Perhutanan Sosial

Rabu, 30 Agustus 2017
Sekretaris Dearah Provinsi Lampung. Sutono. Foto:Ist

Lampung Centre – Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sutono mengklaim, Pemprov dan masyarakat berhasil mewujudkan perhutanan sosial seluas 184 hektar lebih. Upaya tersebut dilakukan guna memberikan akses untuk masyarakat terlibat mengelola kawasan hutan secara lestari.

Jumlah tersebut meliputi Hutan Kemasyarakatan (HKm) seluas 125 ribu Ha, Hutan Tanaman Rakyat (HTR) 20 ribu Ha dan Hutan Desa (HD) 2 ribu Ha. Kemudian Kemitraan Kehutanan (KK) di Hutan Lindung dan Hutan Produksi 35 ribu Ha dan Kemitraan Konservasi di Tahura seluas 1000 Ha lebih.

mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan Perhutanan Sosial di Provinsi Lampung, yakni sosialisasi secara intensif Program Perhutanan Sosial di kabupaten.

“Perhutanan sosial sesuai dengan program perhutanan Pemprov Lampung yaitu pemanfaatan potensi sumber daya hutan, rehabilitasi hutan dan lahan, perlindungan dan konservasi, serta program perencanaan dan pengembangan hutan,” ujar

Sekda pada kegiatan Lokakarya “Mendorong Kebijakan Daerah Dalam Implementasi Percepatan Perhutanan Sosial untuk Menjamin Kepastian Wilayah Kelola Rakyat”, di Swiss Belhotel, Selasa (29/8/2017).

“Pemprov juga mendorong terbentuknya Perda Perhutanan Sosial. Kita akan lakukan roadshow untuk meyakinkan kepada kepala daerah Kab/Kota pentingnya masyarakat melakukan pengelolaan hutan,” imbuhnya. (rls/nt)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar