Pemprov Tingkatkan Koordinasi dengan BPKP

Selasa, 26 April 2016
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri ketika melakukan rapat koordinasi di Ruang Rapat Wakil Gubernur, Selasa (26/4). Foto: Humas.

Lampung Centre – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Lampung tingkatkan koordinasi dalam melaksanakan Program Pembangunan Nasional dan Daerah dalam rangka mewujudkan Lampung Maju dan Sejahtera.

Dalam arahannya Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjelaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Lampung memiliki Program Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Provinsi Lampung. Dan di tahun 2015 Pemerintah Provinsi Lampung telah melaksanakan tersebut di 30 desa tertinggal dan Tahun 2016 ini telah dianggarkan sebanyak 70 desa, dengan harapan tahun 2019 mendatang Lampung berhasil mengentaskan kemiskinan di 390 desa tertinggal.

“Dalam mewujudkan upaya tersebut tentunya diperlukan berbagai sinergitas, koordinasi dan dukungan stakeholder terkait termasuk instansi vertikal di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung sehingga Program Gerbang Desa ini dapat berjalan sukses dan lancar”, ujarnya, Selasa (26/4).

Bachtiar Basri juga menegaskan, bahwa pengawalan dan pengawasan tidak hanya dilakukan terhadap Program Gerbang Desa tetapi juga program lainnya terkait pelayanan terhadap masyarakat seperti pelayanan kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

“Untuk itu kami berharap, BPKP Perwakilan Provinsi Lampung dapat bersama-sama bekerjasama dengan pemerintah daerah termasuk pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dalam mengawal berbagai program pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Sally Salamah menjelaskan bahwa jajaran BPKP telah mendapatkan mandat dari Presiden Joko Widodo untuk mengawal pelaksanaan dana desa, sehingga hal ini sangat sesuai dengan program yang sedang dijalankan Pemerintah Provinsi Lampung.

Selain itu terkait laporan keuangan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan beberapa kabupaten/kota se-Provinsi Lampung melalui Aplikasi SIMDA.

“Sehingga setiap pelaksanaan keuangan telah terkoneksi langsung melalui sistem dan terhubung langsung dengan Bank Pemerintah guna meminimalisir terjadinya kesalahan data dan diharapkan kerjasama ini dapat terus dilaksanakan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung,” terangnya. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar