Pengelolaan Keuangan SKPD Harus Ditangani ASN Berkompetensi

Jumat, 26 Februari 2016
Gubernur Lampung M., Ridho Ficardo

Bandarlampung, LC – Gubernur Lampung M., Ridho Ficardo mengimbau kepada seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Lampung agar menempatkan aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki kompetensi akademik serta telah mengikuti diklat akuntansi/pengelolaan keuangan daerah pada unit kerja yang menangani pengelolaan keuangan.

Ketentuan ini, jelas Ridho, berdasarkan Surat Edaran Gubernur Lampung No. 800/527/II.10/2016 Tanggal 19/02/2016 untuk menerapkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual bagi ASN di lingkungan Pemprov Lampung.

ASN yang telah mengikuti diklat pengelolaan barang dan aset daerah pada unit kerjanya masing-masing memiliki tugas dan fungsi mengelola perlengkapan/aset/inventaris barang daerah. Unit Kerja ini sangat membutuhkan sarana dan prasarana sistem teknologi informasi. “Ini salah satu upaya pemprov dalam sistem pengendalian intern dan efektifitas dalam implementasi standar akuntansi pemerintah berbasis akrual,” jelas Ridho, Jumat (26/2).

Kabag Humas Pemprov Lampung Heriyansyah menambahkan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, laporan keuangan akan terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan. Seiring dengan penerapan basis akuntansi akrual dan penganggaran berbasis kas, maka penyusunan model sistem akuntansi dalam SPAN akan menggunakan dua pencatatan, pencatatan akrual dan pencatatan kas. Dengan adanya hal tersebut, maka SPAN dapat menghasilkan laporan keuangan berbasis akrual dan laporan anggaran berbasis kas yang menjadi laporan pertanggungjawaban pemerintah. “Terdapat penambahan tiga laporan keuangan, yaitu laporan operasional, laporan perubahan ekuitas dan laporan perubahan saldo anggaran lebih,” kata Heri. (Rls/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar