Pengemplang Pajak Di Bandar Lampung Akan Diumumkan Dengan Banner dan Billboard

Selasa, 01 Mei 2018

Bandarlampung (Lampung Centre) – Banyaknya Wajib Pajak (WP) di wilayah Kota Bandar Lampung yang menunggak pajak, membuat DPRD Kota Bandar Lampung mengusulkan untuk membuat malu perusahaan penunggak pajak.

Caranya yakni memasang pengumuman nama-nama dan tempat usaha yang menunggak pajak dari yang tertinggi sampai terendah di media luar ruang di billboard atau banner.

“Kalau saya boleh usul, gimana kalau ada pemasangan banner atau billboard yang memuat nama-nama Wajib Pajak (WP) pengemplang pajak tertinggi, minimal urutan 5 besar saja,”ujar Anggota Komisi II DPRD Bandar Lampung, M Yusuf Erdiyansyah Putra saat mengadakan hearing dengan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Bandar Lampung, Senin (30/4).

Yusuf menambahkan , pemasangan untuk menerapkan sanksi moral ini, meniru konsep di Jakarta, yang mana WP penunggak pajak diumumkan ke publik melalui banner atau billboard.

“Pemasangan ini juga dilakukan ditempat strategis, atau pusat keramaian, seperti bundaran tugu adipura. Pasti tempat usaha itu malu,” ucapnya.

Tak hanya itu, usulan lain yakni, penempelan stiker yang bertuliskan “Tempat Usaha Ini Menunggak Pajak ” pun bisa dilakukan di tempat WP penunggak pajak.

“Misalkan di tempel di kaca rumah makan yang menunggak pajak,” kata Politisi partai Hanura ini.

Cara tersebut diharapkan mampu memberikan sanksi moral dan membuat efek jera pelaku usaha agar taat membayar pajak.

Sementara, Kepala BPPRD Bandar Lampung, Yanwardi mengungkapkan, usulan tersebut bagus dilakukan, dan bisa diterapkan di Bandar Lampung.

“Kami terima usulan tersebut, menurut saya itu ide yang menarik, untuk membuat jera penunggak pajak,” ujar Yanwardi.

Sebab, kata dia, usaha-usaha yang dilakukan selama ini, memang tidak mampu untuk mengatasi WP yang membandel dalam urusan pajak.

“Ya lebih baik sanksi moral saja dilakukan, karena selama ini juga pihak UPT kami juga sudah bosan datang untuk menagih pajak yang menunggak berbulan-bulan,” ucapnya.(wp/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar