Penyelenggara Negara/Daerah Terjerat Korupsi, Bukti Turunnya Kesadaran Berpancasila

Selasa, 12 April 2016
Sekretaris Fraksi Demokrat, MPR RI Khatibul Umam. foto: Septa

Lampung Centre – Banyaknya penyelenggara negara baik kepala daerah maupun anggota DPR/DPRD yang terjerat kasus korupsi dikarenakan terjadi penurunan kesadaran ideologi pancasila.

Sekretaris Fraksi Demokrat, MPR RI Khatibul Umam mengatakan, sosialisai seputar ideologi pancasila harus dimulai dari pejabat dan penyelenggara daerah. Setelah itu baru kemudian disosialisasikan kepada masyarakat luas. Menurutnya, pasca reformasi 1998 lalu telah terjadi penurunan kesadaran pentingnya ideologi, salah satu indikatornya adalah banyak pejabat dan penyelenggara negara/daerah yang terjerat kasus korupsi. “Ya, benar! Ini satu bukti turunnya kesadaran berpancasila,” kata Khatibul Umam usai penutupan kegiatan Pelatihan untuk Melatih (Training Of Trainers) Sosialisasi Empat Pilar Demokrasi MPR-RI di Bandarlampung, Senin (11/4) malam.

Indikator lainnya, terus dia, bantak terjadi kekerasan antar agama, perilaku diskriminatif terhadap minoritas, perampasan tanah rakyat, kebijakan-kebijakan yang tidak memihak pada rakyat, penegakan hukum yang tebang pilih, termasuk korupsi yang kian merajalela di kalangan elite. hanya sebagian kecil dari begitu banyaknya perilaku-perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Jika hal ini dibiarkan terus, bukan tidak mungkin suatu saat nanti, bangsa ini akan hancur. “Sebelum hal itu terjadi, dan demi mewujudkan cita-cita mulia bangsa, maka pengamalan Pancasila harus diwujudnyatakan dalam hidup sehari-hari,” tegas dia. (Iwan Kodrat)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar