Permasalahan Kekerasan Perempuan dan Anak Kian Kompleks

Rabu, 13 April 2016
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri. Foto: Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre – Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri menyatakan dalam sepuluh tahun terakhir permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin kompleks.

Untuk mencegah itu, Bachtiar berharap, Peraturan Gubernur Lampung No.34 Tahun 2013 tentang Mekanisme dan Prosedur Standar Operasional Bidang Layanan Terpadu Bagi Perempuan dan Anak Korban Tindak Kekerasan di Provinsi Lampung, dapat mencegah berbagai tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. “Diharapkan, Pergub ini dapat dilaksanakan secara sistematik, terkoordinasi, terintegrasi dan berkelanjutan guna pemenuhan hak perempuan dan anak korban tindak kekerasan,” ujar Bachtiar usai membuka rapat koordinasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Ruang Sungkai Balai Keratun, Rabu (13/4).

Bachtiar Basri menjelaskan bahwa P2TP2A “Lamban Indoman Putri’ sebagai salah satu tempat pelayanan bagi kaum perempuan dalam memenuhi informasi dan kebutuhan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, hukum, perlindungan dan penanggulangan tindak kekerasan serta perdagangan terhadap perempuan dan anak. Progam ini diharapkan tidak hanya berfokus  pada upaya kuratif dan rehabilitatif, namun juga memiliki peran dalam proses promotif dan preventif agar kasus kekerasan dapat ditekan dari permasalahan dasarnya. “Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri untuk mengatasi itu semua. Diperlukan peran aktif kita semua, tanpa terkecuali P2TP2A,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua P2TP2A, Hasiah Basri menjelaskan, rakor ini dilaksanakan guna menjaring aspirasi kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan pelayanan dan penanganan perempuan dan anak tindak kekerasan sera meningkatkan koordinasi dan sinergitas program dan kelembagaan P2TP2A Provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. “Serta dalam rangka menjalin kerjasama dan komunikasi yang intensif dalam rangka meningkatkan peran P2TP2A Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung,” tegasnya. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar