Pertumbuhan Ekonomi Lamtim di Atas Pemprov dan Nasional

Jumat, 25 Maret 2016
M. Ridho Ficardo ketika memberikan arahan pada Musrenbang Kabupaten Lampung Timur, Kamis (24/03). Foto: Humas Pemprov

Lampung Centre – Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengatakan terjadi pertumbuhan ekonomi yang baik di Kabupaten Lampung Timur yakni sebesar 5,32 atau lebih baik dibandingkan Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung bahkan Nasional.

Ridho memaparkan di Kabupaten Pesawaran hanya terjadi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,21 persen, Provinsi Lampung 5,08 persen, dan nasional sebesar 4,79 persen. Sementara untuk pendapatan Prodak Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita Lampung Timur sebesar 29,29 persen berada di atas Provinsi Lampung yang sebesar 28,56 persen dan Mesuji sebesar 29,88, dengan pengeluaran perkapita mencapai 8,81 persen.

Gubernur menilai hal lain yang perlu menjadi perhatian dan memerlukan penanganan adalah tingkat pendidikan di Kabupaten Lampung Timur. Salah satunya dengan meningkatkan angka partisipasi kasar dan partisipasi murni di tingkat SMP dan SMA.

“IPM Kabupaten Lampung Timur bernilai 66,42 persen, sama dengan capaian pembangunan manusia Provinsi Lampung yang sebesar 66,42 persen. Hal ini berarti diperlukan perhatian khusus dan memerlukan komitmen bersama untuk lebih fokus dalam meningkatkan derajat pendidikan, kesehatan, dan pendapatan masyarakat dalam rentang waktu bersamaan, serta terhadap penanganan dan penanggulangan kemiskinan,” kata M. Ridho Ficardo dalam arahannya pada Musrenbang Kabupaten Lampung Timur, Kamis (24/03).

Lebih lanjut diuraikan program strategis yang perlu mendapat dukungan Kabupaten Lampung Timur antara lain penataan ruang yang lebih antisipatif dan berkelanjutan. Peninjauan Kembali (PK) dan revisi Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) serta penyelesaian substansi teknis dan Perda tentang Rencana Rinci Tata Ruang (RDTR). Selain itu perlu dilakukan penataan dan penyesuaian SK jalan kabupaten, termasuk penanganan jalan kabupaten yang terintegrasi dengan jalan provinsi dan jalan nasional dalam satu kesatuan sistem jaringan jalan.

“Untuk tahun 2016 akan dilaksanakan program bidang penanganan jalan dan jembatan yang bersumber dari APBD Provinsi. Seperti pembangunan jalan, antara lain: ruas Pugung Raharjo – Jabung, ruas Sukadamai – Kibang, ruas Kota Gajah – Gedung Dalam. Selain itu pemeliharaan sejumlah ruas jalan dan jembatan, pelebaran jalan serta pembangunan jalan dan jembatan strategis,” jelas Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menyiapkan readiness criteria. Meliputi: masterplan sektoral, DED, lahan, institusi pengelola, kesiapan menerima aset dan kesediaan dana operasi dan pemeliharaan (OM) dalam rangka tahap implementasi. “Readiness criteria tersebut merupakan persyaratan untuk mendapat dukungan dana pemerintah pusat, dapat melalui dana alokasi khusus (DAK) atau sejenisnya,” ujarnya.

Ditambahkan Gubernur, dalam upaya penanganan kemiskinan Pemerintah Provinsi akan meningkatkan peran dan fungsi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Selain itu dilaksanakan percepatan penanggulangan kemiskinan berbasis kewilayahan melalui program Gerbang Desa Saburai.

Sementara itu Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan data Dinas PU Jalan Kabupaten 42,58 % dalam kondisi mantap dan 7,02 % dalam kondisi rusak berat.  Adapun untuk sektor pertanian tanaman pangan, tahun 2015 produksi padi mencapai 579.838 ton, Jagung 487.439 ton, Kedelai 7.252 ton dan Ubi Kayu 1.785.134 ton.

“Di bidang Hortikultura produksi lain yaitu cabai, Semangka, Melon, Durian, Pepaya dan Pisang. Sedangkan untuk Sektor Peternakan satu komoditas unggulan yaitu Daging Sapi yang mencapai 1.544, 85 Ton, Daging Kerbau 5,25 Ton, Daging Kambing 304,85 Ton,Unggas 2.846,87 Ton,” jelas Bupati.

Dijelaskan Kabag Humas Heriyansyah, seusai acara Musrenbang, Gubernur menyerahkan DIPA Provinsi kepada Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim. Selain itu diserahkan 1 unit Colt Diesel dan 2 unit motor yang merupakan bantuan Kementerian Sosial RI. Dalam kesempatan tersebut Bupati Lampung Timur menyerahkan Proposal Peningkatan Infrastruktur kepada Gubernur. (Rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar