Polisi Berhasil Temukan Puluhan Hektar Ladang Ganja

Minggu, 28 Februari 2016
Ilustrasi Pemusnahan Ladang Ganja. Foto/Ist

LampungCentre- Kepolisian Daerah Aceh menggrebek ladang ganja seluas 42 hektare. Ladang ganja tersebut berada di kawasan kaki Gunung Selawah, Aceh.
Kapolda Aceh Irjen Pol. Husein Hamidi menyebutkan dari seluruh ladang ganja yang berhasil ditemukan berada sekitar lima titik lahan. “Untuk lahan ada sekitar lima hingga enam, jadi ada kemungkinan bisa bertambah jika dijelajah lebih jauh lagi. Selanjutnya, Polda langsung memusnahkan ganja yang siap panen tersebut di lokasi lahan,” kata Hamidi, Sabtu (27/2).

Menurut Hamidi, umumnya tanaman ganja dipanen dari umur lima hingga enam bulan sehingga harus berpindah-pindah lahan. Satu tersangka yang diamankan merupakan pengelola lahan di salah satu titik tersebut, sedangkan pada titik yang lain belum bisa diamankan karena pelaku melarikan diri. “Mereka biasa dapat info penggerebekan sehingga ada waktu untuk melarikan diri, biasanya dapat info dari warga sekitar dari kampung terdekat,” ujarnya.
Hamidi menambahkan, satu tersangka yang diamankan merupakan pengelola lahan di salah satu titik tersebut, sedangkan pada titik yang lain belum bisa diamankan karena pelaku melarikan diri. “Mereka biasa dapat info penggerebekan sehingga ada waktu untuk melarikan diri, biasanya dapat info dari warga sekitar dari kampung terdekat,” ujar dia.
Daerah perbukitan yang curam membuat penelusuran sulit untuk dilakukan dalam pengamanan dan penelusuran. Dalam penggerebekan hari ini satu anggota terpaksa dibawa dengan tandu darurat akibat mengalami insiden patah kaki karena terperosok.

Sementara itu Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, Polda Aceh dan jajarannya patut diapresiasi karena berhasil menemukan ladang ganja terbesar dan berhasil mengamankan satu tersangka. “Penemuan itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo untuk memberantas terhadap narkotika dan sejenisnya,” kata Anton Charliyan. (Antara/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar