Progam Kampung KB Disenergikan dengan Progam Gerbang Desa

Kamis, 07 Januari 2016

 

Bandar Lampung, LC- Pemerintah Provinsi Lampung akan mensinergikan progam “Kampung KB” yang dibentuk BKKBN perwakilan provinsi setempat dengan progam “Gerbang Desa”.

Disamping meningkatkan peran pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBK dan pembangunan sektor terkait.

Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Rapat yang dilaksanakan di ruang rapat Asisten Gubernur Provinsi Lampung, Kamis (7/1) dihadiri juga oleh Asisten Bidang Kesejahteraan rakyat Elya Muchtar dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Paulina, serta dihadiri oleh Kepala SKPD KB Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung dan Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Asisten Bidang Kesra Provinsi Lampung Ellya Muchtar menyampaikan, dalam pelaksanaannya Program Kampung KB akan bersinergi dengan Program Unggulan yang telah diluncurkan Pemerintah Provinsi Lampung Gerbang Desa yang akan di laksanakan di 13 Kabupaten di seluruh Provinsi Lampung, dan seluruh SKPD terkait diharuskan untuk memonitoring secara langsung kegiatan yang dilaksanakan di tiap Desa.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Paulina dalam paparannya mengatakan sesuai dengan kriteria utama yang wajib dipenuhi dalam pemilihan dan penetapan Kampung KB yaitu :

Jumlah Pra-KS dan KS – 1 (Miskin) di atas rata – rata Pra – Ks dan KS – 1 tingkat Desa /kelurahan dimana kampung tersebut berada.

Jumlah peserta KB di bawah rata – rata pencapaian peserta KB tingkat Desa/ Kelurahan dimana kampung itu berlokasi.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung dan pemerintah Daerah Provinsi Lampung menetapkan 15 Kampung KB yang dari seluruh Kabupaten/Kota se – Provinsi Lampung. Yakni Lampung Selatan di Kecamatan Palas Desa Tanjung Raya.

Lampung Tengah di Kecamatan Terusan Nunyai Desa Gunung Agung. Lampung Utara di Kecamatan Sungkai Barat Desa Gunung Raja.

Bandar Lampung di Kecamatan Teluk Betung Timur Kelurahan Kota Karang. Lampung Barat di Kecamatan Pagar Dewa Desa Mekar Sari.

Tulang Bawang di Kecamatan Gedong Aji Desa Bandar Aji Jaya.Tanggamus di Kecamatan Wonosobo Desa Pekon Balak.

Kota Metro di Kecamatan Metro Pusat di Kelurahan Hadimulyo Barat. Lampung Timur di Kecamatan Sukadana di Desa Pakuon Aji

Way Kanan di Kecamatan Way Tuba Desa Bukit Gemuruh. Pesawaran di Kecamatan Marga Punduh Desa Pulau Pahawang.

Pringsewu di Kecamatan Sukoharjo Desa Sukoharjo IV. Mesuji di Kecamatan Mesuji Timur Desa Sungai Cambai.Tulang Bawang Barat Di Kecamatan Pagar Dewa Desa Bujung Dewa.Pesisir Barat di Kecamatan Karya Punggawa Desa Way Sindi. (red/rls)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar