Puan Maharani Akan Kunjungi Lampung

Sabtu, 08 Oktober 2016
Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono didampingi pejabat pemprov lainnya saat menerima kunjungan Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kemenko. PMK RI Magdalena. Foto: Humas Pemprov

Lampung Centre- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani direncanakan mengunjungi Provinsi Lampung akhir Oktober nanti.  Kunjungan tersebut terkait dengan program “Pemberdayaan Berbasis Budaya”. Dua agenda yang dijadwalkan yaitu ke Kabupaten Tanggamus untuk melakukan dialog dan mengikuti presentasi dari PT. NESTLE Indonesia terkait dengan pengembangan Kopi Lampung, selain itu akan Mengisi Kuliah Umum di Universitas Lampung.

Hal tersebut disampaikan Ir. Magdalena,MM Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kemenko. PMK RI ketika beraudiensi dengan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, Jumat (7/10) di Ruang Kerja Sekda Provinsi Lampung. Dalam kesempatan tersebut turut mendampingi Kadis Perkebunan Ir. Ediyanto, M.Si dan Sekretaris BPMPD Sifa Aini, S.Sos.

Sekdaprov Sutono menyambut baik rencana kunjungan kerja Menko PMK Puan Maharani ke Provinsi Lampung. Lebih lanjut Sutono mengungkapkan, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mendapat Penghargaan dari Kemenristek Dikti, terkait inovasi pengembangan Kopi Lampung. “Sebelum Republik Indonesia merdeka, Lampung memang terkenal akan rempah-rempahnya.  Misalnya Kopi, Lada, Cengkeh dan lain-lain,” kata Sutono.

Lebih lanjut disampaikannya, 3,5 juta penduduk Lampung sangat tergantung kehidupan ekonominya dari Kopi. Oleh karenanya Pj. Sekdaprov meminta kepada Pemerintah Pusat untuk membantu dalam penyediaan Bibit Unggul, terkait program peremajaan tanaman kopi yang sudah tua.

“Jika saat ini petani hanya menghasilkan 1 Ton/ Ha, kedepan Pemerintah ingin agar meningkat menjadi  3 Ton / Ha. Tidak hanya itu momentum Kunjungan Mbak Puan agar membawa Program Bantuan misalnya untuk peningkatan Kelompok Wanita Tani (KWT). Pemerintah Provinsi akan melaksanakan Program bantuan yang mengarah pada kualitas kemasan kopi yang lebih menarik. Sehingga proses pemasaran lebih bisa berkelas. Untuk itu pada bulan Desember, Pemerintah Provinsi Lampung akan mengadakan Festival Kopi Lampung,” pungkas Pj. Sekdaprov. (Rls)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar