Reihana Belum Tahu Kejati Segera Gelar Perkara Korupsi Pusling

Jumat, 12 Februari 2016
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. (Foto:Antara)

Bandarlampung, LC – Kepala Dinas Provinsi Lampung Reihana mengaku belum mengetahui bila Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung akan melakukan menggelar perkara kasus dugaan korupsi pengadaan mobil Puskesmas Keliling (Pusling) senilai Rp8 miliar Tahun Anggaran 2012.

“Kalau sidang kasus Alkes kemarin kan sudah. Untuk puskesmas saya belum tahu,” singkat Reihana seusai menghadiri kegiatan talkshow di radio Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Lampung, Jum’at (12/2).

Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Kejati Lampung, yang dipimpin Lambok Sidabutar, sebelumnya akan melakukan ekpose perkara dugaan korupsi proyek pengadaan pusling tersebut. Proyek pusling itu berupa pengadaan lima unit ambulans dan sejumlah mobil kesehatan keliling, yang diperuntukan kepada sejumlah puskesmas.

Kepala Kejati Lampung Suyadi mengatakan, jaksa yang tergabung dalam Satgasus Kejati Lampung sedang melakukan pendalaman kasus tersebut. Proyek pusling di Diskes Lampung bernilai Rp 8 miliar. Anggaran bersumber dari APBN 2012.

“Proyek Puskesmas Keliling ini murni temuan Kejaksaan Tinggi Lampung. Kami sedang melakukan pendalaman perkara dan penyidikan umum,” terang Suyadi, saat ekpose perkara belum lama ini.

Selain itu, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Lampung, Yadi Rachmat, juga sempat membenarkan bahwa tim jaksa sedang melakukan pendalaman perkara.

“Untuk dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek puskesmas keliling, tim jaksa masih lakukan pendalaman perkara. Hal itu dilakukan untuk menguatkan alat bukti yang ada,” kata Yadi Rachmat.

Yadi mengungkapkan, tim jaksa saat ini sedang menghitung dugaan kerugian negara dalam kasus tersebut. Ia pun memastikan bahwa dugaan korupsi pusling di Diskes Lampung adalah murni temuan Kejati Lampung.

Disinggung tentang pihak-pihak yang sudah dipangggil untuk dimintai keterangan, Yadi enggan berkomentar banyak. “Jaksa masih tahap pendalaman perkara,” ucapnya. (dbs/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar