Ridho Kebut Progam Rumah Khusus Nelayan

Rabu, 04 April 2018

Bandarlampung (Lampung Centre) – Kepedulian M. Ridho Ficardo pada kehidupan masyarakat Lampung termasuk para nelayan tidak perlu diraguka lagi.

Selaku Gubernur Lampung, pria yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat ini tak ada lelahnya melobi pemerintah pusat guna mendapat program pembangunan bagi kaum nelayan di provinsi ini.

Ratusan unit rumah khusus bagi kaum nelayan itu dibangunkan Ridho di wilayah Pesisir Barat dan Mesuji. Kenapa disana? “Karena kedua daerah otonomi baru ini butuh percepatan infrastruktur, terutama bagi nelayan,” kata Ridho.

Pembangunan rumah khusus nelayan ini dilaksanakan sejak 2016 silam. Pada tahun itu, dibangunkan 20 unit rumah nelayan di Desa Pasar Tengah, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat. Juga dibangunkan 46 unit rumah nelayan di Sungai Nipah Kuning, Kecamatan Mesuji, dan 46 rumah lainnya dibangunkan di Sungai Badak, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji.

Mengenai dipilihnya lokasi rumah nelayan di Sungai Nipah Kuning dan Sungai Badak, Ridho menyatakan karena kondisi perumahan nelayan di kedua wilayah itu sangat memprihatinkan.

Rumah bagi kaum nelayan yang diprakarsai Ridho Ficardo ini bertipe 36 dengan rangka atap baja ringan diatas lahan 10×20 meter.

Kawasan perumahan nelayan itu juga dilengkapi dengan fasilitas jalan 3 meter, drainase, air bersih, juga listrik.

Menurut Ridho, pihaknya serius memperhatikan perumahan kaum nelayan karena menginginkan mereka hidup yang sehat dan berkecukupan. “Saat ini banyak warga nelayan yang tinggal di pinggir sungai, perlahan coba kita ajak menjauh dari situ,” ujar lelaki penyandang sarjana perikanan tersebut.

Melihat keberhasilan program perumahan bagi nelayan di Mesuji, pada 2017 Ridho kembali bersemangat untuk mewujudkan kepeduliannya bagi kaum nelayan. Kali ini konsentrasi di Pesisir Barat, dimana didirikan 50 unit rumah untuk nelayan.

Lokasi perumahan nelayan di Pekon Pasar Tengah, Kecamatan Pesisir Tengah, ini relatif dekat dengan pantai. Sehingga dapat maksimal dimanfaatkan oleh nelayan setempat.(*/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar