Ridho Mengaku Tandatangani SKP. Tapi, Tidak Atas Nama Fahrizal Darminto!

Jumat, 30 Agustus 2019

Bandarlampung (Lampung Centre) – Mantan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo membantah telah menandatangani Surat Keterangan Penilaian (SKP) hasil penilaian prestasi kerja selama dua tahun berturut-turut atas nama Pj.Sekdaprov Fahrizal Darminto.

Ridho menegaskan bila dirinya belum pernah menandatangani berkas yang menjadi salah satu syarat mutlak lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya nama Fahrizal Darminto karena memang berkepentingan tidak pernah menemuinya.

“Bukannya saya tidak mau menanda tangani, tapi memang yang bersangkutan tidak pernah menghadap saya untuk meminta tandatangan. Kalau nitip pernah, cuma saya bilang kalau nitip enggak lah. Emang apaan? Lagi mahasiswa bimbingan sama dosen aja kalau dia nitip sama temennya, kan ngamuk dosennya,” kata M. Ridho Ficardo saat dihubungi, Kamis (29/8/2019) sore.

Ridho menambahkan jika Theresia Sormin pernah memitip SKP Fahrizal Darminto untuk ditandatanganinya. Namun, Ridho menolak karena bukan dibawa langsung oleh yang bersangkutan. Padahal, jika yang memohon tandatangan SKP atas nama Fahrizal Darminto adalah pihak yang bersangkutan langsung, Ridho mengaku dengan senang hati akan menandatangani dokumen tersebut. Sebab pada prinsipnya, Ridho sangat mendukung siapapun yang ingin ikut serta dalam lelang jabatan sekdaprov.

“Jadi punya dia (Theresia Sormin) saja yang saya tandatangani. Yang dititipkan tidak saya tandatangani. Masak sekedar silaturahmi tidak bisa lagi. Kalau ngadep baik-baik enggak ada masalah. Yang lain aja buktinya saya tandatangan, tapi kalau dititipkan enggak lah,” tuturnya.

Perkara SKP yang telah diserahkan Fahrizal Darminto ke BKD (Badan Kepegawaian Daerah) sebagai salah satu syarat mutlak dalam lelang ulang Sekdaprov Lampung, M. Ridho Ficardo mengungkapkan dalam SKP terdapat beberapa tandatangan, dan terakhir dirinya. “Karena saat itu gubernur yang menilai kinerja mereka. Staf ahli itu butuh tandatangan lebih banyak dibanding kepala dinas dan lain-lain,” tukasnya.

Terpisah  ketua panitia administrasi lelang jabatan Sekdaprov,Koharudin, Kamis (29/8) dijelaskannya jika Fahrizal baru saja melengkapi persyaratan administrasi termasuk SKP.

“Tadi sudah diserahkan kelengkapan administrasi Pak Fahrizal termasuk SKP,” jelasnya.

Disinggung yang menandatangani hasil prestasi kerja Fahrizal, Koharudin enggan berkomentar dan berdalih tidak dalam kapasitas mengomentari hal itu. “Bukan kapasitas saya mengomentari itu, saya kan hanya menerima berkas,” singkatnya.

Sebelumnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Lampung ikut angkat bicara terkait adanya peserta yang mengikuti lelang jabatan sekdaprov Lampung tanpa melengkapi persyaratan berupa Surat Keterangan Penilaian Prestasi Kerja selama dua tahun berturut-turut.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional V Istati Atidah mengatakan bahwa kelengkapan persyaratan mengikuti lelang jabatan wajib untuk dipenuhi. “Wajiblah. Kalau merupakan syarat, itu artinya wajib,”kata dia, Rabu (28/8) lalu.

Persyaratan yang dimaksud disini, kata dia, disebutkan saat pengumuman pembukaan lelang Sekdaprov Lampung. “Kalau disebutkan, berarti menjadi syarat. Karena syarat tidak terpenuhi, artinya tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti lelang Sekdaprov Lampung,”ungkapnya.

Bahkan Ketua Panitia Seleksi (pansel) JPT Madya yang juga Direktur Penataan Daerah, Otsus, dan DPOD Kemendagri Boy Tenjuri saat dikofirmasi beberapa waktu lalu memastikan jika SKP merupakan syarat mutlak bagi peserta seleksi dan harus ditanda tangani oleh gubernur sebelumnya.
“Pejabat di provinsi yang menilainya yakni Gubernur terdahulu bukan yang saat ini,” singkatnya.

Diketahui seleksi JPT Madya Provinsi Lampung telah ada enam pejabat Eselon II yang mendaftar selainFahrizal Mereka adalah Sekkab Lampung Selatan Fredy Sukirman, , Edarwan (Sekretaris Korpri Provinsi Lampung), Kusnardi (Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung), Minhairin (Kepala Badan Keuangan Daerah Lampung) dan Arsyad Husein (Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan). (*)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar