Ridho : Pertumbuhan Ekonomi Lampung Menggembirakan

Jumat, 18 Maret 2016
Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo. Foto: ist

Lampung Centre – Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo mengatakan pertumbuhan ekonomi Lampung tahun 2015 cukup menggembirakan.

Kata dia, pada tahun 2015, ekonomi Provinsi Lampung tumbuh 5,13 persen (year on year) di atas angka pertumbuhan nasional 4,79 persen.

“Secara spesial, pertumbuhan ekonomi Lampung berada pada posisi keempat di Sumatera setelah Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Bengkulu,” jelasnya pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Lampung dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-52 Provinsi Lampung,  Jumat (18/3).

Sementara untuk perkembangan Prodak Domestik Regional Bruto (PDRB) juga mengalami peningkatan. Pada Tahun 2015, rasio antara PDRB perkapita Lampung dan Prodak Domestik Bruto (PDB) sebesar 68,88 persen.

“Ke depan, perlu komitmen bersama untuk lebih fokus dalam meningkatkan derajat kesehatan, pendidikan, dan daya beli masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia guna mendukung percepatan pertumbuhan dan perluasan pembangunan ekonomi daerah,” ujarnya.

Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran di Provinsi Lampung cenderung menurun. Tingkat pengangguran terbuka Provinsi Lampung pada tahun 2015 adalah sebesar 5,14 persen dibawah Nasional yaitu sebesar 6,18 persen.

“Untuk itu kita harus terus mengupayakan peningkatan produktivitas sektor-sektor yang menyerap tenaga kerja relatif tinggi,” kata dia. (rls/red)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar