Ristek Dikti : Darmajaya Sudah Layak Jadi Universitas

Kamis, 02 November 2017
(Foto: Humas Darmajaya)

Lampung Centre – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sudah memenuhi syarat untuk menjadi universitas dikarenakan akreditasi program studi di kampus tersebut dianggap sudah memenuhi syarat.

“Kalau IIB Darmajaya sudah memenuhi syarat. Program studinya sudah akreditasi B, bahkan sudah ada yang A. Sudah, sudah memenuhi syarat, mungkin kami hanya tinggal sekali lagi cek sarana dan prasarana saja,” kata Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI) Wilayah II Sumbagsel Prof. Dr. H. Slamet Widodo, M.S., M.M. usai wisuda 434 lulusan IIB Darmajaya di Gedung Bagas Raya, Bandar Lampung, Kamis (2/11).

IIB Darmajaya dalam wisuda ke XXIV tahun 2017 ini, mewisuda 434 lulusan dari Program D-2, S-1, dan Program Pascasarjana. Widodo menjelaskan syarat menjadi universitas adalah minimal sudah memiliki 10 program studi, berakreditasi minimal B, jumlah mahasiswa, dan sarana dan prasarana yang memadai.

“Untuk di Lampung, kami selalu tekankan bagi sekolah tinggi yang masih dalam satu yayasan agar bergabung atau marger untuk menjadi universitas. Tidak sulit kok. Kalau untuk tenaga pengajar, ya memang sekarang ketentuannya minimal S-2. Dan, makin banyak doktor sebagai pengajarnya makin baik,” kata dia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Ir Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc mengatakan pihaknya sudah sangat siap untuk menjadi universitas. Kalaupun harus menambah prodi baru, pihaknya sudah mempersiapkan untuk membuka program studi baru agar bisa menunjang menjadi universitas. Penambahan ini berdasarkan dengan syarat dari Kemenristekdikti.

“Kita berencana membuka beberapa program studi baru. Saat ini kita sudah siapkan penambahan program studi di antaranya Program Studi Desain Visual, Program Studi Teknik Industri. Insya Allah semuanya akan siap di awal tahun,” kata Ketua Aptisi Wilayah II-B Lampung ini. Mantan anggota DPRD Lampung ini juga mengatakan memang di kampusnya belum memiliki profesor. Namun, staf pengajar atau dosen sudah ada yang bergelar S-3.

“Ini memang menjadi target kami ke depan, memperbanyak dosen bergelar doktor, terutama ahli di bidang teknologi informatika. Dosen-dosen S-2 kita dorong untuk melakukan penelitian danpengabdian kepada masyarakat dan dosen S-3 juga kita dorong untuk membuat jurnal internasional dalam Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” kata dia.

Wisuda XXIV IIB Darmajaya 2017, diawali dengan orasi ilmiah pakar informasi teknologi ASIA Dr. Onno W. Purbo. Hadir pula Staf Ahli Gubernur Ir. Choiriah Pandarita mewakili Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. Hadir pula Pembina Yayasan Alfian Husin Dr. Andi Desfiandi, dan Asisten I Pemkot Bandar Lampung Sukarma Wijaya. Juga hadir Wakil Rektor I IIB Darmajaya Dr. Abdul Aziz ST., M.T; Wakil Rektor II Ronny Nazar S.E., M.M, an Wakil Rektor III Muprihan Thaib, S.Sos., MM, serta orangtua/wali wisudawan/wisudawati.

Sementara, Pembina Yayasan Alfian Husin Dr. Andi Desfiandi mengatakan kelulusan mahasiswa dalam wisuda ini merupakan awal dari langkah untuk pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga, dia meminta para wisudawan harus mampu terjun ke masyarakat dan menjadi panutan masyarakat. “Selain itu, ingatlah kepada mereka yang sudah berkorban untuk keberhasilan Anda. Sayangi orangtua, cintai dosen pengajar, dan teman-teman anda yang sudah memberikan semagat dan spirit untuk keberhasilan dalam studi,” kata dia. (rls/red)

 

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar