Setelah Rp10 Miliar Ruas Jatimulyo – Metrokibang Ditambah Rp2,5 Miliar

Senin, 11 April 2016
Ruas Jalan Jatimulyo - Metrokibang. Foto: Septa

Lampung Centre – Tahun 2016 Dinas Bina Marga (DBM) Provinsi Lampung mengucurkan dana untuk ruas jalan Jatimulyo – Metro Kibang. Tahun ini DBM menganggarkan dana untuk pemeliharaan ruas jalan simpang Korpri -Desa Sukadamai (Lampung Selatan) sebesar Rp2,5 miliar.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DBM Tony Ferdiansyah menuturkan sebelumnya DBM telah mengalokasikan dana tersebut sebesar 10 Miliar untuk ruas jalan Jatimulyo – Metro Kibang yang dikerjakan PT 9 Naga Emas. Dijelaskannya tahun ini ruas jalan tersebut pecah menjadi Metro Kibang – Sukadamai dan Sukadamai – Jatimulyo.

“Kita di sana tidak melakukan bangunan. Tapi hanya pemeliharaan, karena pada tahun 2015 sudah dianggarkan untuk pembangunan sebesar Rp10 miliar,” kata Tony, Senin (11/4).

Menurut Tony, besaran anggaran pemeliharaan itu diperkirakan mampu memperbaiki jalan sepanjang 1,5 kilometer. Dirinya menegaskan, dana yang dialokasikan tersebut hanya fokus memperbaiki jalan rusak saja. “Karena kita lihat disana (Jatimulyo) tidaklah begitu rusak berat jalanya. Tapi bukan hanya tambal sulam saja, ya, nanti juga dilakukan pemeretaan pada bagian yang ditambal sulam tersebut,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, selain menggunakan dana DBM, kedepannya jalan ditangani oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dengan menggunakan dana swakelola. “Ya, kalau kami (DBM) anggaran hanya dana berkala. Tapi kalau UPTD memakai dana swakelola. Yang nanti uang tersebut bisa diperuntukan jika memang kondisi jalan tersebut rusak parah,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, kegiatan pemeliharaan tersebut masih dalam proses penyusunan dokumen. “Kita masih menunggu intruksi Kepala Dinas. Yang jelas pada intinya segera mungkin untuk kita kerjakan,” tutupnya.

Diketahui, tahun lalu Dinas Bina Marga telah mengalokasikan dana untuk ruas jalan Jatimulyo – Metro Kibang. Diantaranya, Pembangunan Jalan Non Link Ruas Sp. Korpri – Jatimulyo di Kota Bandar Lampung Rp1 miliar yang dikerjakan CV Harimau Sumatera dengan penawaran Rp 998.106.000,00 , Pembangunan Jalan Ruas Jatimulyo – Kibang (Bts. Lampung Timur) (Link.080.2) – 1 Rp 5 miliar, dan Pembangunan Jalan Ruas Jatimulyo – Kibang (Bts. Lampung Timur) (Link.080.2) – 2 Rp 5 miliar. (Septa Herian Palga)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar