SMK BLK dan Polda Lampung Sinergi Wujudkan Generasi Pemberantas Hoax

Kamis, 25 Juli 2019

Bandarlampung (Lampung Centre) – Siswa/siswi baru SMK BLK Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020 mungkin menjadi diantara peserta didik yang beruntung dalam bidang ilmu Tehnik Informasi dan Komunikasi (TIK).

Bagaimana tidak, di era maraknya penyalahgunaan informasi seperti saat ini, ratusan pelajar SMK Bandar Lampung mendapatkan bimbingan dan arahan agar tidak terjerumus dan tersandung perkara hukum dalam penggunaan sistem informasi seperti yang dialami oleh beberapa pelajar di daerah lain.

Yang lebih luar biasanya lagi, pemateri yang dihadirkan oleh pihak sekolah untuk memberikan bimbingan dan arahan tersebut langsung dari institusi kepolisian, yakni Kabid TIK Polda Lampung Kombes Pol Sulistyaaningsih.

Sulis, sapaan akrabnya, meminta kepada para siswa/siswi yang baru diterima di SMK BLK Bandar Lampung untuk bisa saling menjaga nama baik sekolah dan menyaring segala jenis informasi yang didapatkan, utamanya dari media sosial.

“Sekarang ini teknologi sudah canggih, informasi sangat cepat sekali disebar, maka dari itu saya pribadi berharap kepada adek-adek sekalian untuk bisa menyaring informasi yang didapat dari media sosial,” ujar Sulis, ketika menjadi pemateri dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Bandar Lampung, Rabu (24/7).

Sulis melanjutkan, Polda Lampung secara tegas akan terus melakukan monitoring terhadap generasi penerus bangsa. Apalagi hoax dan narkoba sanggat rentan sekali untuk para remaja.

“Maka dari itu, Polri melalui Dirnarkoba, serta TIK Polda Lampung berkomitmen untuk membentengi adek-adek yang masih remaja ini dari bahaya narkoba dan hoax,” sambungnya.

Sementara Kepala Sekolah SMK BLK Bandar Lampung Rianto S.pd. M.M mengucapkan terima kasih atas kepada Polda Lampung yang telah memberikan materi dalam kegiatan MPLS SMK BLK Bandar Lampung.

“Semoga ini bisa menjadi warning bagi siswa/siswi yang ingin berbuat tindakan diluar kewajaran. Sehingga bisa menjadi tameng untuk para pelajar agar bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan”. Harapnya.

Selain itu, kehadiran rombongan dari Polda Lampung juga diharapkan bisa memberi pencerahan terhadap anak-anak terkait penggunaan media sosial yang baik dan benar, serta bisa lebih memproteksi diri dari hoax dan narkoba.

“SMK BLK ini lebih mengutamakan pendekatan secara persuasif terhadap anak-anak, karena dengan cara persuasif ini bisa merangkul sehingga bisa saling terbuka antara guru dan murid, dan secara emosional bisa saling terikat,” terangnya.

Dalam acara MPLS ini di ikuti 321 siswa siswi, terdiri dari lima jurusan dan terbagi 11 rombongan belajar, dan untuk hari senin sudah mulai belajar efektif. Tutupnya. (*)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar