Teknologi Berperan Dalam Peningkatan Perekonomian Usaha Kecil Menengah

Senin, 17 Oktober 2016
Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah Alfian, MBA., MSc memberikan memberikan pelekat kepada pemateri dari Associate Dean Faculty of Business and Law University of West England Bristol, Dr. Fiona Jordan yang didampingi Prof. Ray Priest dari University of West England Bristol, Inggris.

Lampungcentre – Pemanfaatan teknologi yang optimal dapat berperan dalam peningkatan perekonomian Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Indonesia, Prof. Dr. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS saat menjadi pembicara dalam International Conference on Information Technology and Business (ICITB) di Hotel Emersia Lampung, kemarin (15/10).

Seminar Internasional yang kali kedua digelar Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya ini diikuti 43 pemakalah terdiri dari 23 ilmu komputer, dan 20 ilmu ekonomi bisnis.

Peserta pada kegiatan ini berasal dari Inggris, Nigeria, Vietnam, Malaysia, Jawa, dan Sumatera. “Kemajuan teknologi informasi memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi masyarakat termasuk dibidang wirausaha. UMKM bisa lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk mempromosikan produk, dan transaksi bisnis,” ujarnya.

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ini melanjutkan, pemberdayaan UMKM menjadi potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk mampu bersaing di era pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Salah satu produk yang dapat dikembangkan UMKM yakni produk kearifan lokal yang bernuansa budaya. Indonesia memiliki ragam budaya dan hasil kerajinan daerah yang sangat menarik. Contohnya kain tapis Lampung, produk ini bisa lebih dikembangkan sebagai usaha produk kreatif karena kain ini khas Provinsi Lampung dan tidak mudah didapatkan apabila konsumen mencarinya di luar provinsi ini,” terangnya.

Selain Zainal Arifin Hasibuan, seminar internasional ini juga menghadirkan Associate Dean Faculty of Business and Law University of West England Bristol, Dr. Fiona Jordan yang didampingi Prof. Ray Priest dari University of West England Bristol, Inggris.

Dr. Fiona mengungkapkan, teknologi informasi juga dapat memudahkan turis wanita dalam pengalaman berpergian sendiri. Melalui teknologi, turis dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang jalur perjalanan, destinasi wisata, dan kebudayaan daerah yang akan dikunjungi.

Sementara itu, Rektor Darmajaya, Ir. Firmansyah Alfian, MBA., MSc mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai wadah mempublikasikan penelitian, sharing ilmu pengetahuan dibidang teknologi informasi dan ekonomi bisnis.

“Melalui seminar internasional ini, saya berharap para peserta dapat lebih mengenalkan IT dan bisnis kepada masyarakat serta menjadi media transfer ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi ditingkat perguruan tinggi, kalangan bisnis, industri, dan pemerintah. Selain itu, kegiatan ini juga bisa sebagai wadah promosi dalam mengenalkan pariwisata Lampung kepada para peserta yang berasal dari luar negeri,” harapnya. (rls)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar