Tingkatkan PAD, Legislator Palembang Berguru Ke DPRD Bandar Lampung

Rabu, 08 November 2017
Wakil Ketua dan Komisi II DPRD Palembang menyambangi Sekretariat DPRD Kota Bandar Lampung guna berbagi ilmu tentang PAD. Rabu (8/11).

Lampung Centre – Buah pikir DPRD Kota Bandar Lampung dalam menciptakan produk hukum untuk meningkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) berbuah manis. Terbukti sejak sepuluh tahun terakhir, pendapatan daerah meningkat secara signifikan.

Melihat meningkatnya PAD yang setiap tahun meingkat, membuat Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Palembang melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat DPRD Kota Bandarlampung, Hari ini (Rabu, 8/11). Tunjuan rombongan legislator itu tidak lain bertujuan menimba ilmu dan tukar pengalaman terhadap upaya dalam meningkatkan PAD.

 

Wakil Ketua DPRD Palembang Ir. Sri Wahyuni, yang memimpin rombongan saat menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja melihat perkembangan PAD di Bandarlampung meningkat secara signifikan sehingga menarik perhatian para legislator Palembang untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman untuk meningkatkan pendapatan daerah di daerah mereka.


Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bandar Lampung Hi. Agusman Arief, SE. MM yang meneriman rombongan Komisi II DPRD Palembang menyampaikan bahwa PAD Kota Bandarlampung sejak sepuluh tahun terakhir meningkat secara signifikan.

Anggota Fraksi Demokrat itu mengatakan, PAD Bandarlampung pada tahun 2006 dalam kisararan 65 Milyar dan saat ini PAD kita sudah mencapai 779,2 milyar lebih.

“Dan pada tahun 2018 kita sudah menetapkan PAD Bandarlampung sebesar 882,8 milyar lebih,” urai Agusman Arief.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Daerah (BPPRD) Kota Bandarlampung, Yanwardi menambahkan kenaikan PAD yang besar itu, disamping disebabkan banyaknya investor yang berinvestasi dibandarlampung

Selain itu juga ditentukan kinerja dan penerapan sistem IT dalam pengelolaannya. Untuk mempermudah dalam menjangkau wajib pajak, BPPRD menerapkan pembagian wilayah pengelola pajak dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) disetiap kecamatan.

“Dengan model yang kami lakukan ini ditambah dengan upaya jemput bola terhadap wajib pajak, alhamdulillah kita bisa meningkatkan PAD secara signifikan,” papar Yanwardi.
Turut hadir dalam penerimaan kunjungan Komisi II DPRD Palembang tersebut, Dedi Yuginda (F-PDIP), Dedeh Sekretaris BPPRD, Khairuddin Kabid Pendapatan BPPRD, Zubaidi Sekretaris BPKAD dan beberapa staf.
Diakhir pertemuan, Wakil Ketua DPRD Palembang Sri Wahyuni mengucapkan terima kasih dan banyak pelajaran yang didapat dan tentu akan kami sampaikan kepada Pemerintah Kota Palembang dalam rangka meningkatkan PAD Kota Palembang, pungkas Sri Wahyuni. (Septa Herian Palga)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar