TNI AL Bersama Pemprov Bedah Desa Pesisir

Kamis, 10 Desember 2015

Bandar Lampung, LC- TNI Angkatan Laut  berserta jajarannya melakukan kunjungan ke kantor Pemerintahan Provinsi Lampung.
Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memaparkan dan koordinasi Rencana Kegiatan Bedah Desa Pesisir di Desa Merak Belantung Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan di ruang Rapat Asisten Bidang Pemerintahan, Selasa (10/12/2015).
Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam rombongan turut hadir Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Yana Hardiyana serta Tim dari Mabes Al Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi, Letkol Joni Siahaan dan Kapten Tuti Sundari.
Dalam arahannya Kadis Program dan Latihan (Progla) Dinas Potensi Maritim Mabes (Dispotmar) TNI AL Kolenel Laut (P) Hari Mulyadi menjelaskan kegiatan ini merupakan salah salah satu kegiatan dalam rangka mendukung pembangunan kemaritimian dan daerah pesisir sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Rencananya kegiatan ini akan mulai dilakukan pada Awal Maret 2016.
“Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momen dalam membangun koordinasi dan sinergitas antara TNI dan Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka membangun masyarakat pesisir yang sehat, sejahtera dan terididik”, jelasnya
Lebih lanjut Kasi Bindesir Sibdis Progla Dispotmar Wakesal Letkol Joni Siahaan menjelaskan kegiatan ini akan melibatkan sekitar 500 personel TNI AL, dengan pembangunan sejumlah unit rumah nelayan, mushola, MCK, sumur bor, pembangunan sarana dan prasarana belajar seperti rumah pintar dan taman bacaan serta pembangunan monumen sebagai tanda rekam jejak pembangunan yang dilakukan oleh TNI AL dan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Lampung Selatan.
“Selain itu juga ada penyuluhan kesehatan, penanaman mangrove, serta kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah pesisir dalam rangka mewujudkan masyarakat pesisir yang maju dan sejahtera”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wiriawan menjelaskan bahwa pelaksanaan program TNI AL tersebut sejalan dengan berbagai program pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung, salah satunya adalah Program Unggulan Provinsi Lampung yakini Gerakan Membangun Desa (Gerbang) Desa Saburai dan pembangunan desa wisata.
“Pelaksanaannya pihak Pemerintah Provinsi Lampung masih perlu berkoordinasi dengan berbagi SKPD terkait lainnya serta Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sehingga akan ada rapat lanjutan terkait program tersebut”, jelasnya.
Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah, Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Yana Hardiyana menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung terkait pelaksanaan program tersebut termasuk melakukan survey ke lapangan.
Dalam acara ini turut hadir Kepala Bappeda Taufik Hidayat, Karo Tapum Yudi Hermanto, serta SKPD Terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. (red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar