Tol Sumatera Tahap II Siap Dilaksanakan

Sabtu, 16 Januari 2016

Kepala Dinas Bina Marga Lampung Budhi Darmawan saat pembahasan jalan Tol Sumatera tahap II. (foto: Humas Pemprov Lampung)

 

Bandarlampung, LC – Pembangunan Tol Sumatera tahap II akan segera dimulai. Rencananya pembangunan akan dimulai di Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah hingga sampai ke Pematang Panggang Kabupaten Mesuji.

Lintasan jalan tol Sumatera tahap II ini diperkirakan memiliki panjang 108,6 Km. Dimana lintasannya akan melewati empat kabupaten yakni Lampung Tengah, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.

Pada rapat yang dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan Rifki Wiryawan bersama dengan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Adeham ini dihadiri oleh Asisten I, Kepala Bappeda dan Kepala Dinas Bina Marga dari empat Kabupaten yang akan dilewati jalan tol Sumatera tahap II ini.

Dijelaskan oleh Rifki Wirawan  bahwa “rapat ini bertujuan untuk menampung aspirasi Pemerintah empat Kabupaten yang wilayahnya akan dilintasi jalan tol, terkait dengan lokasi pintu masuk/keluar (simpang susun),” kata Rifki, kemarin.

Secara tegas Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung ini mengatakan pembangunan jalan tol ini merupakan program pembangunan nasional yang wajib kita sukseskan. “Dimana prinsip  pembangunan jalan tol sendiri untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh akses perekonomian secara luas,” tambahnya.

Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, Persiapan pembangunan jalan tol Sumatera tahap II ini sendiri direncanakan dalam beberapa tahap, dalam kaitannya dengan hal tersebut Asisten Bidang Ekbang Pemerintah Provinsi Lampung Adeham menjelaskan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten bertugas untuk mempersiapkan pengadaan tanah bagi pembangunan jalan tol ini.

“Dimana tahapan persiapkan tersebut akan melewati tahapan kerja mulai dari sosialisasi, konsultasi publik hingga pembuatan penetapan lokasi  yang dikukukhkan melalui SK Gubernur” papar Adeham.

Secara detail dikatakan oleh Adeham bahwa jalan tol sumatera tahap II ini akan melewati Kabupaten Lampung Tengah sepanjang 30,30 Km,
Kabupaten Tulang Bawang Barat 36,75 Km, Kabupaten Tulang Bawang 12,35 Km dan Kabupaten Mesuji 29,30 Km, serta akan melewati 13 Kecamatan dan 33 Desa, tutup Adeham. (Rls/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar