Uji Publik PTO Gerbang Desa Diharapkan Beri Masukan Positif

Selasa, 01 Maret 2016
Asisten III Bidang Kesra, Setda Provinsi Lampung, Elya Muchtar saat memberi arahan pada acara uji publik Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Gerbang Desa. Foto: Humas Pemprov Lampung

Lampung Centre- Pemerintah Provinsi Lampung berharap kegiatan uji publik Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Gerbang Desa dapat memberikan masukan positif terkait pelaksanaan program Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai Provinsi Lampung Tahun 2016.

Asisten III Bidang Kesra, Setda Provinsi Lampung, Elya Muchtar mengatakan, Gerbang Desa Saburai merupakan salah satu progam yang diterapkan Pemerintah Provinsi Lampung dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, program ini bermaksud meningkatkan kerjasama dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan di segala bidang, dan penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat berdasarkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. “Selain itu salah satu upaya untuk memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah/desa di Provinsi Lampung,” jelas Elya Muchtar pada acara pembukaan Uji Publik PTO Gerbang Desa Saburai di Universitas Lampung, Selasa (1/03).

Dalam penerapannya kegiatan tersebut, lanjut Elya, dengan mengembangkan strategi yang menggabungkan antara partisipasi masyarakat dan perencanaan pembangunan Pemerintah Provinsi Lampung. Hal ini sejalan dengan tujuan penyelenggaraan otonomi daerah yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

“Untuk itu, agar kebijakan program pembangunan ini  dapat berjalan dengan baik dan terarah perlu disusun petunjuk teknisnya sebagai landasan dan dasar pelaksanaan program Gerakan Membangun (GERBANG) Desa Saburai Provinsi Lampung Tahun 2016,” ujar Elya.

Sementara itu, Ketua Penyusunan PTO Gerbang Desa, Ambya menjelaskan, bahwa ruang lingkup kerjasama Pemerintah Provinsi Lampung dan Universitas Lampung adalah membuat  PTO diantaranya menyusun petunjuk teknis (Juknis ) Gerakan Membangun Desa Saburai Provinsi Lampung. Untuk itu diadakan rapat pembahasan awal  pada lingkup Tim LPPM  Unila dan melaksanakan   Fokus Group Discussion (FGD)  tim LPPM Unila dengan Pemerintah Provinsi Lampung. “Selain itu juga Melaksanakan uji publik  PTO Gerbang Desa dengan melibatkan SKPD Provinsi dan SKPD Kabupaten/Kota  terkait  yang dilaksanakan pada hari ini,” kata Ambya..

Dalam kesempatan ini turut hadir sejumlah Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua LPPM Universitas Lampung, Kepala Bappeda se-Provinsi Lampung, Kepala BPMPD se-Provinsi Lampung, Para Kepala Desa Lokasi Gerbang Desa serta Para Fasilitator Gerbang Desa Saburai. (Rls/Red).

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar