Ujian Nasional dan Masalah Listrik, DPR-RI Desak Pemprov Lampung

Jumat, 25 Maret 2016
Gambar Ilustrasi. Sumber: Ist

Lampung Centre – Anggota Komisi X DPR-RI asal Lampung Dwita Ria Gunadi mendesak Pemerintah Provinsi Lampung agar menjamin pada saat ujian nasional tidak ada pemadaman listrik seperti yang terjadi pada hari-hari biasa.

“Kalau saat UN listrik padam, siswa tidak bisa belajar secara optimal. Bagaimana pendidikan Lampung akan maju, kalau listrik sering padam. Jadi jelas bahwa permasalahan listrik harus ditangani secara serius. Baik itu diantisipasi maupun solusinya,” kata Dwita Ria Gunadi, Jumat (25/3).

Dirinya menambahkan, jangan sampai permasalahan listrik juga menjadi beban para siswa ketika menjalani ujian nasional khususnya bagi peserta yang menjalankan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang ada di Lampung.

“Kasihan siswa peserta UN kalau harus memikirkan listrik, bagaimana mereka mau belajar dan memperoleh hasil UN yang optimal, seperti anak-anak di Pulau Jawa. Celakanya lagi bagi siswa yang ikut UNBK makin terganggu karena saat ujian dibayangi listrik padam. Tentunya hal tersebut akan jadi beban psikologis bagi peserta UN,” ujarnya.

Dijelaskannya, sampai saat ini pemadaman aliran listrik secara bergilir di Provinsi Lampung masih diberlakukan PT PLN Distribusi Lampung antara lain karena adanya defisit daya listrik akibat gangguan pada pembangkit maupun pemeliharaan pembangkit yang tersedia.

Sejumlah pengusaha mengeluhkan dampak pemadaman aliran listrik itu menimbulkan kerugian bisnis mereka. Kalangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) mengaku merugi karena pemadaman aliran listrik itu masih terus berlanjut.

Berbagai pihak juga mengeluhkan pemadaman aliran listrik oleh PT PLN itu mengganggu aktivitas dan produktivitas dalam berbagai bidang termasuk kalangan dunia usaha maupun berdampak sosial serta mengusik ketertiban dan keamanan masyarakat di daerah ini. (ist/red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar