Wagub Lampung Terima Surat Kuasa Lahan Sawah

Kamis, 18 Februari 2016
Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri tengah berjabat tangan dengan perwakilan kelompok tani usai menerima surat kuasa lahan sawah baru. foto: Humas Pemprov Lampung

Bandarlampung, LC- Untuk mewujudkan swasembada beras Pemerintah Provinsi Lampung tahun ini telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jaringan tersier perairan sawah.
Untuk itu, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri beserta rombongan meninjau lokasi potensi cetak sawah dan jaringan irigasi, di Desa Sumber Agung Kecamatan Seputih Surabaya, Lampung Tengah, Kamis (18/2). “Mudah-mudahan bermanfaat untuk mengaliri sawah masyarakat sehingga tidak khawatir lagi kekurangan air. Apalagi jika lahan cetak sawah yang kita tinjau ini bisa terwujud, tentu akan sangat membantu kita dalam mewujudkan swasembada beras, ” harap wagub.
Dalam kunjungan kerjanya, wakil gubernur juga menerima secara simbolis surat kuasa dari Perwakilan Kelompok Tani Daryanto, berupa lahan tanah seluas 2000 Ha untuk dicetak sawah baru. Wakil Gubernur juga menyaksikan penandatanganan MOU antara PT.GLO Media Makmur dengan Gapoktan. Melalui kesempatan itu juga Wakil Gubernur menyerahkan secara simbolis Lampu “SEHEN” (Super Ekstra Hemat Energi) kesejumlah masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut Wagub didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Balai Besar Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Wilayah Way Mesuji – Sekampung, Kepala Biro Perekonomian, Perwakilan dari Lanal Lampung, POL Airud, Perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Dinas Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju lokasi tersebut menempuh waktu hingga 6 jam.
Masih di kecamatan yang sama wakil gubernur juga meninjau UPTD Pelabuhan Cabang, dan melakukan kroscek aktivitas pelabuhan dalam melayani transportasi air dan penyeberangan.
Dalam paparannya Balai Besar PSDA, melaporkan guna mengatasi pendangkalan sungai/muara seputih, Balai Besar telah melakukan normalisasi sungai sepanjang 6 Km. Rencana kedepan akan dilakukan normalisasi sungai sepanjang 200 Km, agar transportasi lancar. Saat ini kapal-kapal sedang maupun besar milik nelayan telah mampu bersandar di pelabuhan cabang.
Selanjutnya dengan menggunakan Kapal Patroli Airud (1 unit), 7 unit speed boat wagub dan rombongan menuju Dusun III Desa Pendowo Asri Kecamatan Dente Kabupaten Tulang Bawang dalam rangka silaturahmi dengan masyarakat yang tergabung dalam sejumlah Kelompok Tani. Yakni Kelompok Tani Muncul, Sri Makmur,Tani Jaya,Sumber Rejeki,Sri Subur,Mekar Agung,Mekar Jaya,Trisna Maju,Makarti Timbul,Timbul Karyo,Angin Mamiri,Sumber Asri,Galak Bangkit dan Kelompok Tani Palam Jaya. (Rls/Red)

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar