Warga Berharap Balik Mudik Lebaran Gratis Lampung-Jakarta Berlanjut

Jumat, 07 Juli 2017
Asisten II Sekdaprov Lampung, Adeham saat meininjau arus mudik. Foto: Humas Pemprov

Lampung Centre – Ratusan warga asal Lampung menyampaikan terima kasih atas program mudik dan balik gratis kerja sama Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Lampung, dan PT Angkutan Sungan Danau dan Penyeberangan (ASDP). Warga berharap program berlanjut dibarengi sosialiasasi agar lebih banyak yang ikut program ini pada Lebaran mendatang.

“Program ini sangat membantu karena meringangkan biaya mudik ke Lampung. Harapannya Pak Gubernur Lampung dapat memperjuangkan program ini, agar dilanjutkan karena banyak warga asal Lampung mudik memakai sepeda motor,” kata Andi Wahyudi warga Kotakarang Bandar Lampung yang akan kembali ke Cileduk, Tanggerang, Banten, sesaat sebelum memasuki KMP Jatra III, di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Minggu (2/7/2017).

Andi Wahyudi bersama ratusan pemudik asal Lampung berkesempatan kembali ke Jakarta melalui Pelabuhan Panjang. Pemerintah Provinsi Lampung dan Kementerian Perhubungan memfasilitasi kepulangan mereka secara gratis dengan menumpang KMP Jatra III, milik PT ASDP. Pemprov Lampung membuka pendaftaran melalui Posko Mudik Dinas Perhubungan di Terminal Rajabasa Bandar Lampung. Tahun ini, sebanyak 195 kendaraan roda dua dan 359 pemudik menyeberang ke Pulai Jawa via Pelabuhan Panjang, menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Harapan atas kelanjutan program ini juga disampaikan Eko Purnomo, warga Kota Metro yang kembali ke Bogor, Jawa Barat. “Kami senang ada mudik gratis walaupun informasinya kurang tersosialisasi. Selain gratis, kami juga diberikan dua kali makan gratis selama perjalanan,” kata Eko Purnomo.

Keberangkatan pemudik tersebut dilepas Asisten II Sekdaprov Lampung, Adeham, mewakili Gubernur Lampung, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan, dan jajaran terkait. Kepada pemudik, Adeham berpesan agar menjaga nama baik Lampung di perantauan. “Insha Allah, Pak Gubernur akan memperjuangkan agar kuota pemudik gratis bertambah tahun depan,” kata Adeham usai menggunting pita di pintu masuk KMP Jatra III.

Menanggapi aspirasi pemudik, Adeham mengatakan Pemprov Lampung akan membuat laporan lengkap arus mudik dan balik di Lampung, termasuk usulan penambahan kuota mudik gratis ke Kementerian Perhubungan dan PT ASDP. Menurut Adeham, program kerja sama daerah dan pusat ini merupakan upaya memperkecil angka kecelakaan pemudik bersepeda motor di jalan.

“Ini adalah salah satu upaya Gubernur bersama Dinas Perhubungan, PT ASDP, dan Polri, untuk mendukung program Kementerian Perhubungan dalam meningkatkan keselamatan pemudik sekaligus meringankan beban biaya perjalanan,” kata Adeham. (Humas Prov)

 

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest


Komentar